3 Tujuan Pembuatan Website yang Jarang Orang Tahu

15

Memang banyak orang yang mencoba memanfaatkan pembuatan website dengan tujuan tertentu. Akan tetapi jika dilihat dari sisi globalnya, maka tujuannya hanya ada 3.

Ironisnya, banyak orang hingga perusahaan start-up yang sudah memiliki website tapi masih saja clueless mengenai manfaat dan tujuan situs itu dibuat.

Jika kamu salah satunya, maka akan lebih baik untuk mulai mengetahuinya secara pasti, biar apa yang sudah kamu bangun menjadi tidak mubazir.

Adapun 3 tujuan tersebut adalah berupa Merk, Produk, dan Informasi.

Nah, dari masing-masing tujuan tersebut pastinya memiliki sub-jenis dengan tujuan tertentu. Seperti misalnya untuk produk maka bisa dibuat online shop dan landing page. Sementara informasi bisa berupa blog, wiki, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu lebih mendetail.

Merk

Salah satu tujuan pembuatan website nomor satu diantara para pemilik perusahaan dan produk. Website ini ada semata-mata hanya agar perusahaan mereka memiliki kredibilitas, jati diri perusahaan, dan eksis di dunia jagat maya.

Jika menggunakan jasa pembuatan website pun cenderung lebih murah karena sekali jadi. Jenis website ini jarang banget melakukan update-an dan tidak digunakan sebagai promosi besar-besaran apalagi sampai ngiklan hingga puluhan juta rupiah.

Produk

Lain lagi dengan jenis produk yang tujuan pembuatan website tersebut ingin mendapatkan konsumen dan penjualan sebanyak-banyaknya.

Banyak cara yang bisa dibuat, dimulai dari landing page hingga toko online. Aktivitas marketingnya pun biasanya gila-gilaan dan siap mengeluarkan budget super besar demi mendapatkan brand awareness diantara netizen yang tertarget.

Informasi

Ada pula website yang berupa blog atau wiki yang berisi tentang tips, trik, dan informasi umum tentang niche tertentu.

Biasanya pemilik website ini lebih terpaku pada pembuatan konten yang menarik, memiliki struktur on-page SEO yang sistematis, dan lebih mengandalkan mesin telusur berupa Google melalui off-page SEO.

Cara monetasinya pun beragam, yang mana Google Adsense berada di peringkat nomor 1 yang digunakan.

Semakin banyak artikel yang dibuat, maka diharapkan akan banyak pula visitor yang berdatangan. Dengan begitu, penghasilan dari iklan pun akan semakin besar.

Artikel yang Direkomendasikan