5 Penyebab Tagihan PDAM Anda Membengkak Bulan Ini

PDAM merupakan salah satu solusi yang sangat membantu kehidupan masyarakat di perkotaan terkait distribusi air bersih. Meski ada pompa air, tetapi penyaluran air bersih di perkotaan tergantung pada layanan PDAM mengingat debit air tanah di perkotaan mulai menurun. Anda bisa cek tagihan PDAM secara online lewat aplikasi atau masuk ke situs PDAM sesuai daerah masing-masing. Hal ini dikarenakan setiap PDAM di kabupaten atau kota memiliki pelayanan dan kebijakan tersendiri.

Hal yang menyebabkan tagihan PDAM melonjak tinggi

Bila Anda sudah mencoba cek tagihan PDAM online, maka bisa melihat langsung total biaya tagihan bulanan yang bisa dibayar melalui layanan m-banking, mesin ATM atau e-wallet, alih-alih mengantri di kantor PDAM. Bila tagihan PDAM langsung melonjak tinggi, maka cek kembali apakah ada beberapa faktor yang mengakibatkan kondisi tersebut yaitu :

1. Pemakaian yang berlebihan

Bisa saja tagihan PDAM Anda melonjak drastis disebabkan oleh pemakaian air yang berlebihan. Pemakaian diluar kebiasaan sehari-hari, misalnya penambahan jumlah anggota keluarga, ada tamu yang menginap, ada kegiatan atau pesta di rumah, maka tidak heran bila tagihan menjadi membludak.

2. Adanya kebocoran

Bisa saja terjadi kebocoran selang atau pipa air PDAM di rumah Anda yang mengakibatkan kenaikan membengkak drastis. Coba cek jarum pada meteran bila masih berputar padahal tidak ada katup keran yang terbuka, maka dipastikan terjadi kebocoran jaringan yang wajib Anda laporkan pada pihak PDAM terkait.

3. Lupa menutup keran

Sebenarnya, kenaikan tagihan PDAM bisa disebabkan oleh kelalaian rupa-rupa, misalnya Anda lupa menutup keran. Pada saat mencuci piring atau baju, jangan biarkan keran air terus menyala sehingga membuang air yang sia-sia. Efisiensi dalam pemakaian sangat menentukan tagihan PDAM tetap aman.

4. Penumpukan bersama tagihan lain

Bisa saja penyebab tagihan PDAM terasa tinggi sebab Anda memiliki penumpukan tagihan yang lain seperti listrik, tagihan internet bulanan, tagihan sewa kontrakan, dan lain-lain. Penumpukan tagihan yang belum terselesaikan bisa menciptakan pikiran negatif tentang tagihan air yang terasa membengkak. Pastikan selalu membayar tagihan sebelum jatuh tempo agar Anda tidak terkena denda atau risiko pemutusan jaringan air ke rumah.

5. Saluran pompa dan PDAM bergabung

Jika memiliki pompa air di rumah, sebaiknya Anda menyalakan pompa air pada siang hari saja. Pasalnya, tekanan pompa air PDAM sangat besar pada malam hari yang akan membuat tagihan meningkat bila bergabung dengan saluran pompa air di rumah Anda.

Berdasarkan beberapa faktor penyebab tagihan air di rumah meningkat di atas, pastikan Anda mengecek penyebab secara pasti. Cek tagihan PDAM online dan lakukan pembayaran tagihan sebelum jatuh tempo agar tidak membebani pengeluaran bulanan Anda. Bila ada indikasi kerusakan atau kebocoran jaringan, hubungi petugas PDAM untuk segera melakukan perbaikan agar tagihan PDAM kembali normal.