5 Tanda Keluarga Bahagia yang Perlu Diketahui

Tanda Keluarga Bahagia yang Perlu Diketahui

Mempunyai keluarga yang bahagia memang menjadi idaman semua pasangan. Tak hanya ada di film-film saja, keluarga bahagia nyatanya bisa Anda ciptakan sendiri. Mulai dari meluangkan waktu untuk quality time bersama keluarga, saling terbuka maupun memperhatikan hal-hal kecil untuk menghangatkan suasana keluarga.

Meski standar keluarga yang bahagia itu berbeda-beda tiap pasangan. Namun, ada beberapa ciri umum yang bisa menandakan hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tanda keluarga yang bahagia.

1. Terbuka pada Pasangan

Saling jujur dalam hubungan rumah tangga merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebab itulah Anda harus berusaha untuk berkata dan berperilaku jujur. Anda bisa memulai dengan memberi tahu kegiatan apa saja yang Anda lakukan seharian, meski pasangan Anda tidak menanyakan hal tersebut.

Saat melakukan pillow talk, ceritakan semua pengalaman menarik yang Anda alami dalam seharian tersebut. Semakin banyak hal yang pasangan Anda ketahui, semakin kecil juga ruang untuk saling curiga. Hal ini juga berlaku untuk masalah finansial. Jangan berbohong kepada pasangan untuk masalah apapun.

2. Kompak Berbagi Tugas Rumah

Siapa bilang tugas rumah menjadi tanggung jawab istri saja? Suami juga harus mengerti dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tersebut. Khususnya jika Anda tidak mempunyai asisten rumah tangga. Bicarakan tugas rumah apa saja yang bisa diselesaikan masing-masing maupun berdua.

Bila tugas rumah tersebut sudah diputuskan, tidak boleh ada yang komplain berlebihan. Sebab hal ini akan menyebabkan pertengkaran kecil. Yang tidak kalah penting, meski pekerjaan rumah tersebut sudah menjadi tanggung jawab masing-masing, selalu ucapkan terima kasih saat Anda dibantu oleh suami Anda.

3. Nyaman Bersama Pasangan

Pasangan bahagia akan menciptakan keluarga yang bahagia pula. Meski Anda sudah mempunyai anak, sempatkanlah untuk melakukan me time berdua bersama pasangan. Bila si kecil masih membutuhkan perhatian ekstra, Anda bisa mengatur kencan di rumah saja. Misalnya saja dengan menonton film favorit dengan membuat suasana rumah seperti di bioskop.

4. Saling Mengekspresikan Kasih Sayang

Mengekspresikan kasih sayang ternyata bisa Anda lakukan dengan cara sederhana. Misalnya saja dengan menyempatkan waktu untuk makan bersama keluarga. Selain itu, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan favorit bersama keluarga.

Selain menikmati momen-monem bersama, kegiatan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk membangun komunikasi yang baik. Ditambah si kecil yang mulai ikut terbuka dan mengungkapkan perasaannya. Sangat menyenangkan bukan mendengar anak Anda menceritakan berbagai pengalaman yang sudah dilaluinya.

5. Punya Me-Time Masing-Masing

Keluarga yang bahagia pastinya paham bahwa tiap individu mempunyai me-time yang masing-masing untuk melepaskan penat dan kejenuhan, serta menyalurkan hobi. Support hobi pasangan merupakan kewajiban Anda, begitu pula sebaliknya. Saling memberi ruang dan waktu adalah kuncinya.

Nah itu dia lima tanda keluarga bahagia yang bisa Anda jadikan referensi. Setelah melihat semua daftar di atas, apakah keluarga Anda sudah tergolong sebagai keluarga yang bahagia? Jika belum, segera lakukan berbagai hal-hal ringan terlebih dahulu untuk mewujudkan keluarga yang bahagia.

Artikel yang Direkomendasikan