Bagaimanakan Cara Mencegah dan Mengatasi Timbulnya Keputihan

bagaimanakan cara mencegah dan mengatasi timbulnya keputihan

Apabila Anda sedang dalam kondisi hamil atau mengalami keputihan normal, tentu saja jika terlalu banyak cairan yang keluar maka keputihan ini bisa mengganggu aktivitas Anda. Hal ini karena basah dan lembab pada celana dalam akibat terlalu banyak menampung cairan keputihan, kondisi ini tentu saja akan membuat anda tidak nyaman dan bahkan memalukan.

Akan tetapi sayangnya karena keputihan adalah hal yang normal yang biasa terjadi maka tidak ada cara untuk mengobati atau menghilangkannya. Oleh karenanya Anda harus membiasakan dan menyesuaikan diri hingga bisa beradaptasi untuk menjalani hidup dengannya siklus keputihan ini. Berikut adalah beberapa cara mengatasi keputihan yang cukup sederhana untuk mengelola keputihan secara mandiri.

1. Gunakan Pembalut

Mengenakan pembalut pada aktifitas sehari-hari terutama pada saat keputihan, dengan pembalut ini dapat membantu Anda merasa lebih kering dan lebih nyaman. Tetap kering “di bawah sana” penting untuk mencegah infeksi vagina, seperti infeksi jamur (yang mungkin memengaruhi kesuburan Anda). Pastikan Anda mengganti pembalut secara rutin setiap 3 2/d 5 jam untuk mencegah bakteri dan kelembaban yang menumpuk.

2. Selalu Mandi Setelah Berativitas

Selalu menjaga kebersihan vagina dengan baik akan membantu mencegah keputihan yang berlebihan dan menghindari infeksi vagina. Sebaiknya hindari sabun atau pencuci vagina yang dapat mengganggu pH alami vagina Anda. Itu termasuk douching, menggunakan semprotan atau pembersih feminin beraroma dan mandi terlalu lama (terutama menggunakan mandi busa atau bom mandi).

3. Gunakan Celana dalam Katun

Penting untuk menghindari kelembaban yang terperangkap di dekat vagina, kemudian untuk mencegah keputihan menghindari terjadinya infeksi yang tidak normal. Celana dalam yang terbuat dari bahan sintetis tidak disarankan untuk dipakai pada saat keputihan datang karena tidak dapat menyerap cairan maupun keringat dengan baik.

Gunakanlah celana dalam dari bahan 100% katun, selain nyaman dipakai juga mempunyai kelebihan dalam menyerap kelembapan dari keputihan, ini penting untuk menjaga vagina tetap bersih dan kering. Mengenakan celana dalam dari bahan katun 100% ini juga dapat mencegah bau yang kurang sedap di bawah sana dan tentu saja rajin membersihkan dan menggantinya dengan yang baru.”

Bagaimana Jika Itu Sesuatu Yang Tidak Normal Terjadi Akibat Keputihan ini?

Keputihan mungkin tidak selalu merupakan keputihan yang normal. Terkadang, Anda mungkin mengalami keputihan karena disebabkan oleh indikator lain, seperti infeksi vagina. Selain anda menerapkan cara diatas jika kejadian yang tidak normal ini terjadi pada diri anda, jangan panik dan segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel yang Direkomendasikan