Bagini Cara Menggunakan Layanan Kirim Paket Ke Korea Selatan

Di jaman yang serba modern seperti saat ini, tentu banyak hal yang sebelumnya sulit dilakukan menjadi mudah seperti mengirim barang ke luar negeri. Dahulu kirim barang ke Korea Selatan mungkin hanya bisa dilakukan oleh pemerintah karena kepentingan ekspor impor. Namun kini untuk mengirim barang ke luar negeri bisa dilakukan oleh siapapun pihak swasta.

Mengirim barang ke luar negeri bisa dikatakan mirip dengan ketika kamu mengirim barang ke luar pulau di Indonesia. Namun perbedaannya, untuk mengirim paket ke luar negara kamu harus menyiapkan beberapa dokumen. Dokumen tersebut nantinya akan dijadikan syarat supaya paket bisa lolos pengecekkan bea cukai dan paket bisa sampai ke alamat penerima di negara tujuan.

Langkah-langkah kirim barang ke Korea Selatan

  1. Pilih negara tujuan dan booking online

Langkah pertama adalah menentukan negara tujuan yang akan menjadi penerima paket beserta dengan alamat lengkapnya. Nama penerima beserta alamat harus dimasukkan secara benar dan terperinci untuk menghindari salah tujuan atau salah penerima.

kirim barang ke Korea Selatan

Biasanya setiap ekspedisi menyediakan kolom kosong bertulisakan details, dan kamu diharuskan menuliskan alamat yang lengkap di kolom tersebut.

  1. Pilih paket pengiriman yang diinginkan

Selanjutnya kamu akan menuju halaman deskripsi paket, meliputi jenis barang yang akan dikirim, jumlah paket, berat paket, panjang lebar dan tinggi paket. Setelah hal tersebut diketahui, maka pihak pengiriman akan harga berdasarkan jenis dan berat paket yang telah dimasukkan.

Baik itu barang yang besar atau kecil, pihak ekspedisi akan mengkonversikannya barang dengan harga ke negara yang telah kamu cantumkan.

  1. Informasi pengiriman

Setelah alamat serta detail pengiriman telah berisi dengan benar, langkah selanjutnya yakni merangkum detail tersebut menjadi informasi pengiriman. Disamping informasi pengiriman kamu juga akan diperlihatkan tentang bagaimana regulasi pengiriman,  termasuk apa saja syarat bea cukai hingga barang-barang yang tidak boleh masuk ke negara tujuan.

Kamu wajib memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan oleh negara penerima agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu hal ini juga mengantisipasi tenjadinya hal-hal yang tidak dinginkan pada paket.

  1. Pembayaran biaya pengiriman

Jika syarat dan ketentuan sudah dipahami, maka paket sudah bisa diteruskan ke kantor pengiriman. Disini kamu bisa memilih apakah ingin mengantar langsung ke kantor atau memanfaatkan layanan pick up dari pihak jasa pengiriman.

Setelah dilakukan pengecekkan dan penimbangan ulang, barulah kamu bisa melakukan pembayaran sesuai dengan jenis bank yang telah ditentukan.Biasanya jasa pengiriman internasional hanya memberikan selama 5 jam saja untuk pengirim melakukan transaksi pembayaran.

  1. Cek status pengiriman barang

Setelah barang telah diserahkan ke pihak jasa pengiriman dan kamu sudah melakukan pembayaran. Kemudian kamu akan mendapatkan tanda bukti berupa resi yang berisi nomor, kode atau bracode. Lewat resi inilah kamu bisa melakukan tracking paket untuk mengetahui status terakhir barang yang dikirim.

Kamu juga dapat melakukan pelacakan paket hanya dengan menggunakan smartphone saja. Tentu mudah sekali bukan untuk memantau dimana keberadaan paket ketika belum sampai ke alamat di negara tujuan!

Bagaimana, gampang sekali bukan untuk kirim barang ke Korea Selatan sekarang? Kamu tidaknharus mengantri berjam-jam karena semua biasa dilakukan secara online di rumah. Kamu bisa menggunakan jasa penngiriman luar negeri seperti KILO.ID yang melayani pengiriman ke berbagai negara-negara di duni. Selain menjangkau kurang lebih sebanyak 30 negara, jasa pengiriman ini juga memiliki paket pengriman yang bisa dipilih sesuai denga keinginan pengirim.