cara menampilkan kalender di desktop

Screenshot 15

Pada komputer Windows dan Mac, Anda bisa menggunakan gawit (widget) untuk menambahkan kalender ke desktop. Namun, sebagian gawit tersebut tidak memiliki fitur penambahan acara atau sinkronisasi dengan kalender lain. Artikel ini akan mengajarkan kepada Anda cara menambahkan gawit kalender ke desktop, serta mengakses kalender bawaan komputer dengan cepat dari desktop dan menyinkronkan entri-entrinya dengan layanan kalender lain.

Cara Menampilkan Kalender di Desktop Windows 10

Di bawah ini akan dijelaskan cara menampilkan kalender di laptop. Cara ini termasuk yang paling umum dan banyak digunakan untuk menampilkan kalender di desktop. Jadi, bisa juga pengguna coba dan tinggal ikuti langkah-langkah yang dibagikan.

Cara menampilkan kalender di desktop Windows 10 yang pertama menggunakan Widgest. Pemasangan widget ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja perlu melakukannya dengan benar, seperti tutorial berikut.

  1. Klik menu start yang ada di pojok bagian bawah.
  2. Kemudian, klik icon Microsoft Store. Ikon tersebut bergambar seperti tas belanja berlogo Windows dan berwarna putih.
  3. Setelah itu itu tombol tekan tombol Search. Tombol tersebut ada di pojok sebelah kanan atas pada bagian jendela Microsoft Store.
  4. Setelah itu bilah pencarian akan muncul.
  5. Tulis Windows HD di Kolom pencarian, maka akan muncul aplikasi yang sesuai dengan kata kunci tersebut.
  6. Klik saja tombol yang ada di samping nama aplikasinya. Aplikasi tersebut akan ditambah ke daftar pembelian. Pengguna tidak perlu khawatir karena Widges HD tersedia gratis.
  7. Selanjutnya Klik tombol install untuk memasangnya di desktop Windows 10.
  8. Setelah berhasil terpasang, maka bisa membuka softwaretersebut.
  9. Klik tombol Launch yang ada di jendela Microsoft Store. Bisa juga menekan icon Widgest HD dan klik opsi Calender yang ada di bawah fitur Date and Time.
  10. Kemudian, Widgest akan ditambahkan ke layar desktop.
  11. Jika ingin menggeser posisinya, maka bisa dengan cara klik dan seret kalender tersebut posisi yang diinginkan.
  12. Kemudian jika ingin mengubah ukurannya, maka bisa dengan membuka software Widgest HD. Kemudian, pilih menu dropdown di bawah fitur Display Size. Lalu, tinggal memilih ukuran Large atau Small
  13. Cara untuk menghapus kalender dari layar desktop adalah dengan menekan ikon X.

Sedangkan, cara menampilkan jam di desktop Windows 10 hampir sama dengan langkah-langkah di atas. Hanya saja ketika sudah masuk ke menu Widgest HD, pengguna memilih fitur Date and Time. Setelah itu, tinggal mengikuti langkah-langkahnya sesuai arahan.

Artikel yang Direkomendasikan