Jenis Olahraga Yang Membuat Penurunan Berat Badan Maksimal

gambar unggulan

Kelebihan berat badan adalah masalah yang dihadapi oleh banyak orang saat ini. Berbagai hal dapat menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga faktor genetik.

Alhasil, berbagai cara dilakukan untuk melakukan penurunan berat badan salah satunya dengan menggunakan obat pelangsing. Pasalnya, memiliki berat badan berlebih sering dikaitkan dengan risiko berbagai penyakit dan hal negatif lainnya.

Hanya saja, ada cara yang berbahaya untuk menurunkan berat badan, seperti mengonsumsi obat kimia hingga operasi. Hal ini memang bisa menurunkan berat badan dengan cukup cepat, namun memiliki risiko tinggi bagi kesehatan.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu upaya Anda menurunkan berat badan. Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan menggantinya dengan makanan sehat seperti sayur dan buah merupakan salah satu pilihan yang sangat aman untuk dilakukan.

Menurunkan berat badan dengan cara alami seperti mengonsumsi makanan sehat tidak akan memberikan efek samping yang buruk bagi Anda, ketimbang menggunakan obat-obatan kimia yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Ada satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan berolahraga secara teratur.

Membakar kalori dalam tubuh adalah kunci untuk menurunkan berat badan berlebih. Lemak yang tersimpan di dalam tubuh akan berdampak buruk bagi tubuh selain membuat Anda terlihat lebih gemuk.

Olahraga dikenal sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Belum lagi ada berbagai macam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga ringan hingga berat, Anda bisa melakukannya setiap hari.

Kami merangkum jenis olahraga yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara optimal.

Joging dan Lari

Jogging dan lari adalah kegiatan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Meskipun aktivitas ini terlihat sama, joging dan lari dibedakan dari kecepatannya.

Kecepatan saat jogging akan berada di 6,4-9,7 km/jam, sedangkan 9,7 km/jam adalah kecepatan kita saat berlari. Penelitian telah menunjukkan bahwa jogging dan lari dapat membakar lemak visceral yang berbahaya, umumnya dikenal sebagai lemak perut.

Baik jogging atau lari merupakan aktivitas yang baik dan bisa Anda jadikan sebagai kebiasaan yang dilakukan setiap minggu. Untuk memulai, cobalah jogging atau lari selama 20-30 menit, 3-4 kali setiap minggu.

Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan. Aktivitas ini dapat membuat tubuh Anda bugar dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda di sekitar taman dapat mengurangi stres.

Meskipun bersepeda umumnya dilakukan di dalam ruangan, saat ini banyak gym memiliki sepeda mesin sehingga Anda dapat tetap bersepeda di dalam ruangan jika cuaca di luar tidak memungkinkan.

Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, berbagai penelitian menunjukkan bersepeda dapat membuat tubuh lebih bugar, lebih sehat, dan mengurangi risiko terkena kanker.

 

Berenang

Berenang merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan, selain itu berenang juga dapat membentuk tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan beberapa wanita paruh baya menunjukkan berenang selama 60 menit tiga kali seminggu, dapat mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, dan kolesterol.

Berenang merupakan kegiatan yang sangat mudah dan tidak memiliki efek samping yang merugikan seperti nyeri otot tubuh sehingga semua orang dapat melakukannya.

Yoga

Yoga adalah cara yang sangat populer untuk berolahraga dan menghilangkan stres. Meski tidak bisa langsung disebut sebagai olahraga yang bisa menurunkan berat badan, namun melakukan yoga cukup membantu untuk membakar lemak di tubuh. Yoga juga dapat memberikan manfaat kesehatan lain yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Selain membakar kalori secara signifikan, penelitian menunjukkan yoga dapat mengajarkan Anda untuk memperhatikan makanan yang tidak sehat, mengontrol makan berlebihan, dan lebih memahami kapan tubuh Anda membutuhkan makanan.

Artikel yang Direkomendasikan