Jeruk Nipis, Buah Kaya Manfaat bagi Kecantikan Tubuh Anda

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang kaya akan berbagai macam buah-buahan segar. Salah satunya adalah buah jeruk yang masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis.

Ada buah jeruk yang bisa dikonsumsi secara langsung, ada pula yang dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa pada makanan. Tahukah Anda, ada satu jenis jeruk yang nama latinnya adalah citrus aurantifolia bisa dimanfaatkan untuk kecantikan tubuh.

pecel min

Tidak hanya untuk tubuh bagian tertentu saja, melainkan dari ujung kaki hingga ujung rambut. Beberapa manfaat dari buah jeruk pecel (=Jawa) ini diantaranya adalah:

Atasi Ketombe

Kandungan nutrisi dari jeruk pecel sangat efektif untuk mengatasi ketombe karena mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab ketombe. Jika rutin diaplikasikan ke kulit kepala dan akar rambut, maka kulit kepala yang berminyak, gatal, dan sering gatal akibat ketombe pun bisa teratasi.

Cegah Rontok

Manfaat berikutnya dari jeruk pecel jika diaplikasikan di kulit kepala adalah meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu juga mampu mengatasi rontok, kebotakan, dan penipisan rambut berkat adanya kandungan vitamin C pada buah yang satu ini.

Putihkan Gigi

Rasa asam pada jeruk berfungsi sebagai alkali alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama gigi. Jika digunakan secara teratur, maka kadar pH dalam mulut menjadi seimbang dan mampu membasmi bakteri yang membuat gigi menjadi kuning.

Atasi Jerawat Bandel

Wajah yang bersih dan mulus tanpa jerawat akan jadi kenyataan jika Anda pandai mengolah jeruk pecel ini. Caranya adalah hanya dengan mengaplikasikan air perasan jeruk nipis yang dicampur air atau bahan alami lain secara teratur pada bagian wajah yang berjerawat.

Samarkan Flek dan Kantung Mata

Bagi Anda yang memiliki mata panda dan bercak yang timbul di kulit wajah pasti terasa mengganggu. Untuk mengatasi mata panda atau kantung mata, Anda bisa mencelupkan kapas pada air perasan jeruk pecel yang sudah diencerkan dan ditempelkan pada kantung mata.

Sedangkan untuk memudarkan flek hitam, Anda bisa menambahkannya dengan air atau bahan alami seperti madu. Kemudian, usapkan di bagian wajah yang ternoda flek secara perlahan dengan menggunakan cotton bud yang steril.

Tebalkan Alis

Mau alis yang tampak tebal alami bisa terwujud dengan memanfaatkan jeruk pecel. Anda tinggal mengoleskan air perasan jeruk pecel secara merata ke bagian alis.

Pudarkan Bekas Luka

Buat Anda yang punya bekas luka, bisa pudar dengan memanfaatkan buah jeruk yang satu ini. Caranya adalah dengan membelah jeruk yang matang dan mengusapkannya secara teratur.

Kandungan nutrisi pada jeruk yang diusapkan tersebut akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Dengan demikian, bekas luka akan memudar secara perlahan dan kulit pun menjadi lebih bersih dan indah.

Jeruk nipis yang kaya akan nutrisi sangat bermanfaat bagi kecantikan tubuh Anda. Dengan mengaplikasikannya secara teratur, tubuh Anda akan menjadi lebih bersih dan sehat mulai dari rambut hingga ujung kaki.