Mau Buka Coffee Shop? Kenali dulu Jenis Mesin Kopi

Jenis Mesin Kopi

Coffee shop merupakan jenis bisnis yang banyak digeluti karena peminat kopi terus bertambah. Apalagi jika dikemas dengan kemasan yang unik akan semakin menarik daya beli peminat kopi. Anda mau bisa memulai bisnis coffee shop kapanpun modalnya tersedia yang penting sudah mengenali jenis mesin kopi berikut ini. Pilihlah mana yang dirasa paling sesuai dengan kondisi.

1. Super-automatic

Mesin jenis super-automatic merupakan mesin yang bisa untuk menggiling, memadatkan, dan sekaligus memanaskan kopi. Cara penggunaannya sangat mudah dengan menekan satu tombol saja kopi akan dibuat sesuai dengan menu yang dipilih. Buat Anda yang memulai coffee shop tanpa barista khusus bisa memilih mesin ini untuk digunakan.

2. Automatic

Jenis mesin untuk kopi yang juga bisa digunakan untuk membuka coffee shop dengan desain keren dan modern. Mesin yang cara penggunaannya praktis tidak membutuhkan keahlian khusus. Cara pembuatan kopi ini dengan menggunakan kapsul untuk mendapatkan kopi yang diinginkan.

3. Semi-Automatic

Mesin semi-automatic merupakan jenis mesin yang dapat digunakan untuk menakar kopinya. Mesin ini pada umumnya memiliki fitur yang sangat berguna untuk menghasilkan kopi terbaik yaitu ada boiler, portafilter dan sebuah lever. Hanya saja saat menggunakan mesin jenis ini Anda harus menggiling dan memadatkan kopinya terlebih dahulu sebelum melakukan mengekstraksi.

Mesin ini terbagi menjadi dua yaitu ada manual control. Anda bisa melakukan stop saat kopi yang dituang dari mesin pembuatan kopinya dirasa sudah cukup. Jenis lainnya adalah programmable doses. Jika menggunakan alat ini Anda bisa menentukan banyak ml kopi yang mau dibuat dan nantinya mesin akan berhenti sendiri saat kopi selesai.

4. Manual

Jenis mesin berikutnya yang bisa digunakan untuk coffee shop adalah mesin manual yang terkesan klasik namun tetap elegan. Mesin ini memiliki banyak fitur fungsional yaitu ada boiler, steam pressure gauge, portafilter, dan manual lever.

Mesin ini membuat Anda tetap harus menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan. Buat yang mau buka coffee shop tetapi masih ragu bisa langsung ke lantai 12. Anda bisa menggunakannya sesuai petunjuk yang ada.

5. Komersial

Mesin dengan berukuran besar dan tangguh yang memang tipenya lebih cepat digunakan saat membuat kopi. Kecepatan produksi kopinya lebih cepat dari jenis lainnya. Soal kualitas ketahanan mesin tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja mesin ini disarankan digunakan oleh barista yang memang sudah handal.

Jenis mesin kopi yang bisa dipilih untuk membuka coffee shop, di mana Anda bisa mendapatkan berbagai jenis promo. Tinggal disesuaikan dengan budget dan tentunya ada orang yang akan menjaga alat mesinnya. Cari tahu spesifikasi dari masing-masing jenis mesin ini sebelum melakukan pembelian agar tidak mengalami penipuan atau tidak sesuai kebutuhan.

Artikel yang Direkomendasikan