Persiapan Skuad Muda Menghadapi Piala Dunia U-20

timnas u 20

Piala Dunia U-20 yang ditunda hingga 2023 membuat Indonesia bisa lebih matang dalam mempersiapkan skuad terbaik. Kesempatan besar sebagai tuan rumah tidak akan disia-siakan hanya sekedar ikut partisipasi, tapi pelatih juga punya target besar.

Persiapan tersebut sudah dimulai sejak awal November ini, dengan melakukan Training Center (TC) di Turki. Bahkan Pelatih Shin Tae-Yong juga mengumpulkan semua skuad dari usia 20, 23, hingga senior dalam pemusatan pelatihan tersebut.

Nah, bagaimana pelatih Shin Tae-Yong dalam mempersiapkan skuad muda Garuda untuk piala dunia U-20 mendatang?

Dipilih Dari 4 Gelombang

Garuda muda yang berhasil dipilih ke dalam skuad U-18 untuk Piala Dunia U-20 ini merupakan hasil seleksi 4 gelombang. Banyak pemain yang dipilih telah menjalani debut mereka di Liga Nasional, baik Liga 1 maupun 2. Artinya mereka sudah memiliki pengalaman dalam pertandingan profesional.

Seleksi yang dilakukan oleh pelatih Shin Tae-Yong ini melalui empat gelombang yang dilakukan di Jakarta. Penjaringan dilakukan terlebih dahulu, hingga memunculkan 144 nama. Kemudian, dari 144 nama tersebut kembali diseleksi, sehingga tersisa 36 pemain.

Ke-36 pemain yang terpilih inilah nantinya yang akan menjadi skuad Garuda Muda di Piala Dunia U-20, dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Persiapan Dimulai Sejak November 2021

Piala Dunia yang diundur hingga 2023 ini memberikan waktu yang lebih lama untuk Indonesia dalam mempersiapkan para pemain mudanya. Pelatih Shin Tae-Yong pun bergerak cepat, dengan membuat persiapan yang dilakukan sejak November ini.

Para pemain pun dibawa ke Turki untuk melakoni training center (TC) bersama para pemain senior yang telah tiba lebih dulu di Turki. Dimana para pemain senior ini dipersiapkan untuk menjalani agenda turnamen AFF 2020, yang akan diselenggarakan pada 5 Desember nanti di Singapura.

Pada TC kali ini timnas muda akan melakoni beberapa pertandingan persahabatan. Dimana pada 21 November nanti akan berhadapan dengan Antalyaspor U-18. Kemudian pada 24 November akan berhadapan dengan Alayanspor U-18. Kedua tim tersebut merupakan tim asal Turki yang juga memiliki prestasi yang sangat baik.

Pertandingan selanjutnya masih menunggu konfirmasi lawan. Sehingga total pertandingan persahabatan yang nantinya akan dilakoni oleh skuad Piala Dunia U-20 ini nantinya sampai 3 sampai empat pertandingan.

Beberapa Nama Menjadi Andalan Tim Nasional

Para pemain yang masuk dalam skuad Garuda Muda ini kebanyakan dari BRI Liga 1 dan Liga 2. Dari catatan tersebut bisa dikatakan para anak muda ini sudah melakoni pertandingan mereka di tim masing-masing. Dengan pengalaman tersebut tentunya anak-anak muda ini akan lebih mudah beradaptasi.

Ada beberapa nama yang bahkan menjadi andalan tim, seperti Alfriyanto Nico yang masih 18 tahun, dan menjadi kebanggan Persija Jakarta, Muhammad Khakim, Bhayangkara FC, dan masih banyak lagi lainnya.

Nama-Nama Pemain Timnas Indonesia U-18

Berikut nama-nama pemain Timnas U-18:

Kiper

  1. Erlangga Setyo Dwi Saputra, Persib Bandung
  2. Cahya Supriadi, Persija Jakarta
  3. Bagas Pratama, PPLP DKI Jakarta
  4. Dimas Maulana, PS Tira

Lini Belakang

  1. Muhammad Uchida Sudirman, Persija Jakarta
  2. Barnabas Sobor, Persewangi
  3. Genta Pramudiya, PSS Sleman
  4. Ahmad Rusadi, Belitong FC
  5. Kakang Rudianto, Persib Bandung
  6. Muhammad Ferrari, Persija Jakarta
  7. Mikael Alfredo Tata, Persipura Jayapura
  8. Edgard Amping, PSM Makassar
  9. Romadona Dwi Kusuma, PSS Sleman
  10. Fikri Arjidan, PPLP Sumatera Utara
  11. Robi Darwis, Persib Bandung
  12. Rizky Syawal Ginting, Persija Jakarta
  13. Renaldi, PSM Makassar

Lini Tengah

  1. Frezy Al Hudaifi, Bhayangkara FC
  2. Arkhan Fikri, PS Kwarta
  3. Aulia Ramadhan Lubis, Persis Solo
  4. Sandika Pratama, Asprov Riau
  5. Jovanni Renaldi, ASIOP
  6. Subhan Fajri, Borneo FC
  7. Ferdiansyah, Persib Bandung
  8. Indra Arya Perceka Wiguna, Persijap Jepara
  9. Ridwan Ansori, Persib Bandung U-16
  10. Muhammad Khakim Al Mukhasibi, Bhayangkara FC
  11. Bramdani, Badak Lampung
  12. Raka Cahyana Rizky, Persija Jakarta

Lini Depan

  1. Alfriyanto Nico Saputro, Persija Jakarta
  2. Arsa Ramadan Ahmad, Bhayangkara FC
  3. Ronaldo Joybera R Junior, Madura United
  4. Ricky Pratama, PSM Makassar
  5. Fillah Rohmatuloh Setia, Persita Tangerang
  6. Teuku Razza Fachrezi Azis, PS Tira Persikabo
  7. Rabbani Tasnim Siddiq, Borneo FC

Itulah persiapan Timnas U-18 yang akan melakoni Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. Temukan semua berita sepakbola Indonesia terkini disini!

 

Artikel yang Direkomendasikan