Ternak Ikan Hias yang Menguntungkan dan Populer

gambar unggulan

Ikan hias biasanya hanya dibudidaya untuk pribadi oleh sebagian orang, namun siapa sangka bahwa ternak ikan hias yang menguntungkan bisa menjadi salah satu sumber mata pencaharian.

Ternak Ikan Hias yang Menguntungkan

Informasi selengkapnya tentang jenis ikan untuk usaha ternak ikan hias yang menguntungkan bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini! Namun pastikan anda membeli benih dari tempat yang jual bibit ikan unggul dan terpercaya.

Ikan Koi

Ikan koi masih termasuk dalam golongan ikan mas namun perbedaannya ikan koi memiliki sisik yang indah. Pada negara Jepang ikan koi dikenal sebagai simbol cinta dan persahabatan hal ini karena nama ikan koi sendiri bermakna kasih sayang atau cinta.

ternak ikan hias

Ada beberapa mitos mengenai ikan koi apabila dipelihara dapat mendatangkan keberuntungan. Karena hal itu biasanya ikan koi dipelihara di dalam atau di luar rumah tergantung dengan luas ruangan atau luas halaman.  Ikan koi juga memiliki sisik yang cantik dan memiliki banyak warna sehingga peminatnya juga banyak.

Ikan koi memiliki banyak jenis, jenis ikan koi dapat dibedakan dari warna, pola, dan ukurannya. Dalam satu jenis ikan koi memiliki beberapa unsur warna ikan koi seperti putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem namun jenis koi paling dikenal adalah jenis ”Gosanke”, yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku, and Showa Sanshoku.

Bagi Anda yang berminat ternak ikan hias, ikan koi dapat menjadi pilihan ikan hias yang bisa Anda ternak karena peminat ikan koi di Indonesia cukup banyak.

Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan air tawar yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan arwana memiliki bentuk fisik dan warna yang unik. Sehingga tidak diherankan apabila ikan hias asal Asia Tenggara ini memiliki harga yang fantastis.

Harga ikan arwana memiliki perbedaan tergantung pada jenis yang dijual, hal ini sesuai dengan tempat atau daerah penjualan, ukuran, kelangkaan, hingga kualitas ikan. Bukan hanya itu harga ikan arwana dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa naik setiap tahunnya.

Dalam budidaya atau ternak ikan hias ini membutuhkan kegigihan sehingga Anda harus memiliki modal besar untuk biaya produksi. Dari ulasan mengenai ikan arwana, ikan ini yang paling cocok untuk dibudidaya karena dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Artikel yang Direkomendasikan