Tips atau Cara Mengatasi Balita Susah Makan yang Perlu Diterapkan

Tips atau Cara Mengatasi Balita Susah Makan yang Perlu Diterapkan

Balita susah makan memang jadi hal biasa, tapi perlu ditelusuri juga sebabnya supaya bisa diatasi. Karena jika berlarut-larut, maka yang ada mereka bisa kekurangan gizi. Untuk cara mengatasi balita susah makan ada banyak yang bisa dilakukan, tapi harus konsisten.

Kebanyakan orang tua merasa tidak sabar dan menyerah duluan ketika anak-anak sulit sekali memasukkan makanan ke mulut mereka. Namun, memang dibutuhkan banyak pengorbanan agar nafsu makan anak semakin naik.

Lantas apa saja tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi balita susah makan ini? Yuk mulai simak penjelasannya sebagai berikut!

  • Jangan Memberinya Camilan Sebelum Makan

Ketika waktu makan hampir tiba, maka jangan memberinya camilan agar ketika makan berat ia tidak kekenyangan. Camilan bisa membuat perut anak kenyang, dan alhasil membuatnya tidak nafsu makan lagi. Ada waktu-waktu tertentu yang harus diatur, kapan dia makan pagi, siang, sore, malam dan kapan dia mendapat camilannya.

  • Ajak Dia Beraktivitas

Anak yang beraktivitas akan mengeluarkan energi lebih banyak. Sehingga kalori dalam tubuhnya bisa terbakar dengan mudah. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, beraktivitas ini juga bisa membuatnya lapar dan nafsu makan semakin naik. Nah, barulah ketika dia lapar tawarkan makanan untuknya.

  • Sajikan Makanan dengan Tampilan Kreatif

Tutorial untuk menyajikan makanan dalam bentuk atau tampilan lucu sekarang ini sudah banyak. Tinggal dipelajari saja dan diikuti. Ini bisa membantu anak mendapatkan semangat mereka saat waktu makan tiba. Karena mereka bisa jadi selalu penasaran dengan bentuk atau tampilan seperti apa yang akan mereka dapatkan untuk makanan tersebut.

  • Jangan Memaksanya Untuk Makan Cepat

Kadang tanpa disadari kita selalu memaksakan anak-anak untuk makan dengan cepat. Tentu saja ini bukan hal yang bagus untuk dilakukan, karena bisa membuat anak tersedak atau enggan makan saat waktunya tiba. Biarkan mereka mengunyah dengan pelan, dan boleh saja memintanya cepat asal tidak dengan bentakan atau semacamnya.

  • Variasikan Dengan Makanan Favoritnya

Cara ini juga bisa membantu. Misalnya saja dia sangat suka dengan wortel, maka variasikan menu makanan dengan wortel agar anak menyukainya. Memancing nafsu makan anak dengan cara ini kadang sangat berhasil dilakukan oleh orang tua. Memberikannya sayuran untuk menu makan bisa membuat kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Satu hal yang pasti dalam cara mengatasi balita susah makan, yakni harus dipenuhi dengan kesabaran. Berbeda dengan anak yang sudah dewasa, balita belum terlalu bisa mengungkapkan keinginannya dengan benar sehingga sebagai orang tua kita harus peka. Tidak memaksakan apa yang kita kehendaki untuk dilakukannya jika ia tidak suka. Memaksakan diri hanya akan membuat anak-anak trauma saat jam makan tiba.

Artikel yang Direkomendasikan